Laman

Sunday, September 30, 2018

Beasiswa LPDP : Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Mahasiswa Universitas Terbuka

Beasiswa LPDP yang berada di bawah naungan kementerian keuangan merupakan salah satu beasiswa yang prestisius dan cukup populer di kalangan anak muda indonesia. Sehingga tak heran apabila ribuan orang mendaftar beasiswa ini di setiap tahunnya. Beasiswa ini dibuka setiap tahun dengan kuota melimpah mencapai ribuan lebih.

Tulisan ini dibuat untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sering muncul mengenai bisa tidaknya mahasiswa ut mendaftar beasiswa lpdp serta apa saja syarat-syarat yang dibutuhkan

Apakah mahasiswa UT bisa mendaftar beasiswa LPDP???

Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh sebagian mahasiswa ut yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih lanjut, termasuk saya sendiri yang awalnya ragu apakah bisa mahasiswa ut daftar lpdp?? Mengingat ada informasi yang mengatakan bahwa tak semua alumni perguruan tinggi bisa mendaftarnya.

Setelah saya bertanya langsung pada pihak LPDP melalui email, ternyata jawabannya hanya satu, yaitu hanya mahasiswa dari alumni perguruan tinggi terakreditasi BAN-PT yang bisa mendaftar. Banyak teman-teman di lingkungan saya yang akhirnya mengundurkan diri sebelum mendaftar dikarenakan kampus mereka belum terakreditasi BAN-PT.

Syarat yang pertama ini adalah syarat yang mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Dan bagi mahasiswa universitas terbuka kamu tidak perlu khawatir karena UT telah terakreditasi BAN-PT, itu artinya syarat pertama sudah terpenuhi.

Memiliki IPK (Indeks Prestasi Komulatif) minimal 3.00

Syarat selanjutnya ialah harus memiliki IPK minimal 3,00. Jadi mulai sekarang bagi yang belum lulus agar segera mengejar ketertinggalan ya.. karena menurut banyak orang untuk dapat ip 3 di UT itu lumayan butuh perjuangan. Hemmm...

Memiliki kontribusi nyata bagi masyarakat sekitar

Kontribusi yang dimaksud disini ialah kontribusi kamu baik pada masyarakat, pada instansi tempat bekerja, maupun kontribusi kamu saat menjadi mahasiswa dulu. 

Catat  yang pernah kamu lakukan dan  bermanfaat bagi orang lain, tuangkan dalam sebuah tulisan. Hal ini akan jadi salah satu poin penting saat tes beasiswa nanti.

Memiliki rencana untuk melakukan pengabdian pasca lulus

Syarat selanjutnya yaitu kamu wajib punya rencana tentang apa yang akan kamu lakukan saat lulus nanti. Maksudnya, setelah lulus nanti kamu mau ngapain, apa yang akan kamu lakukan dengan ilmu yang kamu dapat selama kuliah, kalau misalkan bekerja, mau maunya kerja dimana, pekerjaannya seperti apa, dan kira-kira apa manfaat yang akan diterima orang lain dari kegiatan/pengabdian kamu itu. 

Tuliskan secara singkat padat dan jelas serta tidak bertele-tele. Hal inipun sama dengan syarat sebelumnya, akan memiliki dampak pada poin saat kamu tes nanti.

Menguasai Bahasa asing (inggris) atau yang lain

Nah... ini salah satu syarat yang juga penting nih.. pastikan kamu bisa bahasa inggris yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa seperti TOEFL, IELTS, maupun yang lainnya. 

Untuk syarat yang ini gak begitu ketat-ketat amat sih seperti yang lain. Kadang ada juga beasiswa lpdp yang toeflnya agak kecil tapi tetep bisa lanjut dan nanti akan diberikan pelatihan bahasa (kalau tidak salah ini jalur afirmasi).

Tapi kalau misalkan kamu berasal dari perguruan tinggi yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pembelajarannya, kamu tidak wajib kok menyertakan sertifikat bahasa, kamu bisa menggunakan ijazah kamu dari PT tersebut sebagai penggantinya.

Dan kalau misalkan negara tujuan kamu menggunakan pembelajaran selain bahasa inggris, misal seperti jepang, cina, korea,  prancis, arab, rusia, jerman dan lain-lain.. kamu wajib menyertakan sertifikat bahasa sesuai persyaratan dari kampus yang kamu tuju.

Syarat-syarat di atas adalah syarat-syarat umum dan masih ada syarat-syarat lain yang lebih rinci. Dan saya akan bahas pada tulisan yang terpisah karena akan panjang bila ditulis disini.

Oke teman-teman kalau ada yang kurang jelas atau kamu juga mahasiswa ut yang mau daftar beasiswa LPDP, sok atuh komen di bawah ya...

11 comments:

  1. Kk juga mahasiswa ut? Sudah atau akan mendaftar lpdp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai citra.. iya saya juga mahasiswa UT, dan akan mendaftar beasiswa lpdp. 😊

      Delete
  2. makasih infonya, tapi di list daftar perguruan tinggi penerima LPDP kok ngga ada UT ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai israwati, terimakasih atas pertanyaannya.. UT tidak termasuk dr salah satu univ. yg menerima beasiswa LPDP,(universitas tujuan yg kita ambil harus univ/program reguler/umum, dalam artian bukan kelas karyawan/malam/weekend/jarak jauh).
      .
      Alumni UT tetap dapat mendaftar basiswa LPDP karena UT sudah terakreditasi oleh BAN-PT, namun dengan syarat kelas/univ. yg dituju harus umum/reguler(bukan kelas malam/karyawan/weekend/jarakjauh).

      Delete
    2. Permisi mau tanya kalau sipas non TTM masuknya reguler atau apa yak?

      Delete
  3. mohon maaf mau tanya, sebagai alumi IT yang sudah lulus, perkembangan beasiswa lpdp kk gmn yaa?

    ReplyDelete
  4. mohon maaf mau tanya, sebagai alumi IT yang sudah lulus, perkembangan beasiswa lpdp kk gmn yaa?

    ReplyDelete
  5. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete
  6. Kak, karena UT kan kelasnya jarak jauh apakah bisa daftar lpdp?

    ReplyDelete
  7. kak mau tanya kalau universitas tujuan kita untuk menempuh S2 itu UT apakah bisa ya kak? terima kasih

    ReplyDelete