Laman

Sunday, December 18, 2016

Daftar Kuliah di UT (Universitas Terbuka)


Mau kuliah di UT?, ayok.. ayok.. sudah saatnya untuk daftar dan merasakan pengalaman kuliah jarak jauh (distance learning). sekarang semuanya sudah mulai masuk era serba online, beli baju, pesan tiket, booking hotel, sampai kebutuhan rumah tangga pun bisa dibeli online(sabun, odol, dll). So... tunggu apa lagi, ayo segera daftar. Apa saja syaratnya.. ini dia

Untuk menjadi mahasiswa UT calon mahasiswa minimal berijazah SMA atau yang sederajat, dimana pada saat melakukan registrasi pertama, kita harus melampirkan persyaratan umum sebagai berikut:
➤Fotocopy ijazah yang telah di legalisasi oleh pejabat yang berwenang.
- ijazah SMA: legalisasi oleh kepala sekolah atau dinas pendidikan kab/kota sekolah asal bagi sekolah yang sudah ditutup
- ijazah diploma/sarjana: legalisasi oleh perguuan tinggi asal
➤Fotocopy dokumen yang merupakan persyaratan khusus program studi
➤1 lembar pas foto ukuran 2x3 cm

Nah setelah persyaratannya lengkap baru deh kita melakukan registrasi. Registrasi dapat dilakukan di UPBJJ-UT (daftar di UPBJJ-UT) atau secara online. Untuk formulir registrasi dapat peroleh di UPBJJ-UT terdekat atau di secara online di website ut  bagi mahasiswa yang berdomisili di luar negeri, registrasinya dilakukan melalui UPBJJ jakarta, kecuali bagi mahasiswa yang berdomisili di singapura dan malaysia, registrasi dapat dilakukan di UPBJJ-UT batam.

Mau ambil jurusan apa??... Nah untuk jurusan dan program studi dapat dilihat di.

Seperti yang dijelaskan di atas. registrasi di UT bisa dilkukan secara online maupun offline(datang langsung ke UPBJJ-UT). Namun kali ini hanya akan dibahas tentang cara registrasi offline, ikuti langkah langkahnya yuk
1. datang langsung ke UPBJJ, setelah mendapat formulir, isilah formulir tersebut dengan lengkap dan benar sesuai dengan petunjuk pengisian formulir
2. menentukan mata kuliah semester satu(mahasiswa disarankan mengikuti program sipas)
3. setelah selesai, serahkan formulir tersebut beserta berkas persyaratannya
4. lalu kita akan menerima lembar data pribadi dari UPBJJ dan segera untuk memeriksa kebenaran data. Bila ada kesalahan segera mengajukan perbaikan agar tidak terkendala pada pelaksanaan UAS
5. kemudian kita akan menerima  bukti registrasi berupa  LIP-R yang mencantumkan beberapa hal seperti nomor billing 20 digit, mata kuliah yang diregistrasi, jumlah uang kuliah yang harus dibayar, serta tanggal batas pembayaran
6. jangan lupa untuk memeriksa LIP-R, apabila LIP-R sudah benar maka kita dapat melakukan pembayaran ke bank
7. pembayaran LIP-R dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke bank BRI/BTN/MANDIRI, atau melalui atm bank BRI/BTN/MANDIRI, atau bisa juga melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu debit bank BRI melalui electronic data capture di UPBJJ
8. jangan lupa untuk menyerahkan foto ke UPBJJ ukuran 2x3 cm
9. setelah semua proses selesai kita akan menerima kartu mahasiswa sementara sebagai bukti telah resmi menjadi mahasiswa UT yang kemudian dapat ditukar dengan kartu mahasiswa elektronik(KTM-E)


Sekian untuk postigan kali ini, bila ada yang kurang please let me know in the comment section below,
Selamat Belajar




1 comment:

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete