Laman

Tuesday, September 4, 2018

Pengalaman mengikuti UAS (ujian akhir semester) Universitas Terbuka dan tips mengerjakan soal

Terkadang bagi kita yang pernah menempuh pendidikan di universitas terbuka atau bagi kalian yang berencana untuk mendaftar di UT mungkin bertanya-tanya perihal mengapa ujian akhir semester UT terasa susah-susah gampang.

Well, sebagaimana kita ketahui bahwa universitas terbuka memiliki sistem ujian yang katakanlah sedikit berbeda dengan universitas lain pada umumnya. Dimana bila pada universitas lain yang menggunakan uas dengan sistem uraian, maksudnya disediakan beberapa butir soal lalu kita diminta untuk mengerjakannya. Sedangkan di universitas terbuka sistem ujiannya menggunakan multiple choice.

Sekilas gambaran Ujian di UT mirip-mirip ujian nasional sewaktu sma, disana terdapat 40 s/d 50 butir soal dan kita menjawabnya dengan cara diurek-urek bulat-bulat jadi bukan disilang ataupun dicentang ya.. dalam kertas ujian sudah terdapat barcode dan identitas kita sehingga kita tak perlu repot-repot lagi mengisi identitas. Dan yang paling unik menurutku adalah kita diminta untuk menyalin sebuah pernyataan bahwa kita adalah benar-benar mahasiswa ut yang mengerjakan soal ujian pada hari itu. Kalau tidak salah kira-kira begini bunyi pernyataannya "saya menyatakan bahwa saya adalah mahasiswa UT yang mengerjakan ujian pada lembar jawaban  ini, apabila saya terbukti melakukan pelanggaran maka saya siap menerima konsekuensi administrasi berupa pemberian nilai E pada semua matakuliah". Itu artinya kita tidak bisa menggunakan pihak ketiga atau joki saat ujian. So waspadalah.. hehe

oke lanjut ke pengalaman. waktu awal -awal kuliah memang ada rasa takut kalau kalau nanti dapat nilai E. Soalnya kata teman setiap kita memiliki pola jawaban '' salah'' yang sama dengan teman di samping, depan, dan belakang maka otomatis nilai kuliah kita akan dapat E. jadi kalau mau kerjasama dalam menjawab soal hanya akan memberi efek negatif pada diri kita sendiri dan belum tentu dalam ujian kita akan satu ruangan dengan teman sekelas kita.

Untungnya selama menjadi mahasiswa UT saya belum pernah mendapat nilai E, hanya pernah dapat nilai C 2 kali.. hehe bukan pamer ya teman-teman, namun ini semua hanya berkat  usaha dan do'a saja serta beberapa trik yang saya lakukan, teman-teman bisa membacanya dibawah ya

berikut ini trik dan tips agar kita bisa lulus dalam ujian akhir semester UT
1. Baca Semua Modul
Mungkin kedengarannya agak berat terutama bagi kita yang sedang bekerja dan terkadang akan susah punya waktu untuk membaca buku materi kuliah. Namun percayalah teman, bahwa ini satu-satunya cara agar bisa lancar dalam pelaksanaan uas nanti. Caranya? bisa kita cicil setiap harinya. kalau saya dulu belajarnya memang agak sedikit penuh paksaan, pokoknya saya target satu hari harus bisa membaca paling tidak 1 bab yang akan di bahas dalam pertemuan, jadi dalam seminggu saya harus membaca minimal satu bb permodul atau buku. dan saat libur panjang (kadang hampir sebulan) menjelang ujian nanti saya masih harus terus berkutat menyelesaikan bacaan2 tersebut. Dijamin dengan cara ini kita akan mudah mengerjakan soal nanti, tinggal cas cis cus saja.. hehe

2. Membuat Catatan Kecil
Kalau kedengarannya cara pertama agak sulit dilakukan, maka cara kedua ini sepertinya akan mudah. bila kita tidak sempat membaca buku dan modul-modul UT yang tebalnya kadang minta ampun, maka kita bisa meringkasnya menjadi lebih tipis lagi, yaitu dengan cara diekstrak jadi catatan kecil. heehe.. caranya tulis semua kata-kata dan konsep2 penting yang ada di modul, karena biasanya nanti soal-soal yang di ujikan oleh UT gak akan jauh dari sana, setelah itu kita tinggal baca saja kertas-kertas kecil tersebut pasti nanti pas ujian akan ada ingatan-ingatan indah mengenai modulnya.Tapi jangan dibawa ke ruang ujian ya catatan kecilnya, cukup dipelajari di rumah saja OK

3. Kerjasama dan Kekompakan Tim
Di awal dikatakan kalau kerjasama dalam ujian akan diberikan nilai E, lah ini kok malah diberi tips kerjasama... hehe.. iya.. mungkin sedikit banyak ari kita sudah tau akan hal itu, namun satu hal yang harus kita sadari adalah, tak apa lah ada kerja sama tim dalam artian meminta dan memberi jawaban pada teman yang kebetulan satu ruangan dengan kita saat ujian, tapi dengan catatan jawaban yang kita berikan harus sudah dipastikan "benar", kalau belum yakin bila jawaban kita belum benar sebaiknya jangan ikuti tips yang ini karena kalau salah ya nanti dapat E.. hehe

4. Baca bismillah sebelum megurek-urek jawaban
Dulu di awal-awal saya kuliah di UT, waktu itu saya masih semester satu dan mata kuliah yang diujikan yaitu bahasa inggris mengingat saya lumayan kesulitan bila harus berhadapan dengan si bahasa inggris tersebut, dan si pengawas ujianpun bercerita kalau dia dulu adalah mahasiswa UT juga dan lumayan tau dan hafal akan corak serta motif soal-soal UT. Dia bilang tips yang paling ampuh dalam ujian ini adalah "ucapkan bismillah saat mau melingkari jawaban", akhirnya saya coba. Segala soal yang sudah mentok yang saya tidak tau jawabannya saya urek-urek dan ucapkan bismillah, bismillah urek-urek.. bismillah urek-urek lagi. Dan percaya atau tidak Alhamdulillah nilai saya dapat B, sehingga hal ini saya lakukan tidak pada bahasa inggris saja, namun pada beberapa mata kuliah yang sudah mentok tak tau jawabannya apa.. hehe

Sepertinya sudah cukup sharing saya tentang tips-tips mengerjakan soal UT ini, bila teman-teman memiliki pengalaman tentang mengikuti ujian UT mohon komen di bawah ya biar sama-sama saling sharing

Salam Pendidikan 

4 comments:

  1. aku bsok ujian untuk pertama kali nya wish me luck yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Diaz. Semoga berhasil dengan ujiannya ya. Jangan lupa berdo'a dahulu sebelum menjawab soal. Tetap semangat 💪

      Delete
  2. puguh ini mamas ndak kelar2 kuliah nya,sempat mikir mau berenti saja

    ReplyDelete
  3. Uas biasanya dilaksanakan di sabtu minggu kah? Saya bekerja mas mau dftr tp mkir ksitu

    ReplyDelete